Yesus Sumber Air Hidup

Filed in Keselamatan by on June 15, 2014 0 Comments

Yesus Air Hidup

Yohanes  7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Yohanes  7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu :

Pada saat itu dimana Yesus bersama-sama dengan orang-orang Yahudi sedang merayakan hari raya pondok Daun, dan saat itu pada hari ke delapan setelah tujuh hari Pada hari terakhir dari hari raya Pondok Daun, orang-orang Yahudi mengambil air dan menuangkannya di hadapan TUHAN. Dan selama tujuh hari mereka membaca kitab Taurat dan mulai hari pertama hingga hari ke tujuh, Dan pada hari ke delapan mereka mengadakan pesta atau pertemuan Raya yaitu suatu pesta setelah perayaan tujuh hari lamanya. 

Nehemia 8:18 (8-19) Bagian-bagian kitab Taurat Allah itu dibacakan tiap hari, dari hari pertama sampai hari terakhir. Tujuh hari lamanya mereka merayakan hari raya itu dan pada hari yang kedelapan ada pertemuan raya sesuai dengan peraturan. 

Ini merupakan suatu tradisi yang bertumbuh dikalangan orang orang yahudi selama berabad-abad sebelum Yesus lahir. yang mereka namakan perayaan pondok Daun dimana mereka membawa air dalam prosesi yang sangat Kudus yang di angkut dari kolam siloam dengan bejana emas menuju ke tempat persembahan. Dan mereka juga mengadakan upacara Korban dengan membakar lembu untuk di persembahkan kepada Tuhan YHWH. 

Pada saat mereka memngambil air dari tempat Kolam siloam di Gerbang pintu air mereka meniupkan tiga terompet dan ditiup dengan suara yang begitu kencang, menggambarkan sukacita yang melimpah.

Ditempat persembahan atau tempat pesta mereka banyak org yang berkerumun dan melihat para Imam mengelilingi Altar dengan membawa bejana air sementara itu juga yang lain sedang melakukan penyembahan atau pujian ” Hallel” , Hallel ini adalah puji pujian yg terdapat di dalam Mazmur 113 – 118 . 

Dan air itu di persembahkan sebagai permohonan kepada Bapa  YHWH. Air itu merupakan suatu simbolis memintakan berkat akan pencurahan hujan yang cukup bagi para petani.Dan Yesus menggunakan peristiwa perayaan ini yang berhubungan dengan air dimana banyak org yang meminta kebahagiaan , kebutuhan atau kehausan akan sesuatu , ataupun kesuksesan dalam hidup mereka.

Yesus sengaja berada di tengah tengah mereka aga semua orang tahu dan Yesus menggundang mereka agar mereka mau menerima Yesus sebagai Air yang Hidup. Dan tiba-tiba Yesus berdiri dan berseru Firman yang di ucapkan Yesus pada saat itu :

Yohanes 7:37B :Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 

kalau kita melihat kata “datang ” artinya Yesus memberikan undangan , dan mangajak kita untuk datang kepada Dia , namun sering kali kita ini bisa jadi , Gengsi. Malu takut di olok- olok. Kesombongan dari diri manusia masih muncul , arrogansi. Tuhan tidak butuh hormat dari manusia, Dia hanya menawarkan kepada kita. 

Yohanes 5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Yohanes 5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. 

Yohanes  5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.

pondok daun

 

Ucapan Yesus mengingatkan pada :

Yesaya 55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran! 

Haus……Datang …………Minum……….

Ketiga kata ini merupakan  suatu ajakan yang ditawarkan kepada siapa saja yang membutuhkan untuk datang kepada pribadi yang namaNya Yesus, Pointnya adalah menunjuk kepada suatu kebutuhan untuk membawa kepada sang sumber pemberi Berkat dengan memberi akan kebutuhan yang sedang di butuhkan. seperti haus akan kebahagiaan, haus akan kedamaian dan sebagainya. Demikian juga haus akan keselamatan maka Yesus adalah air yang hidup.yang memberi kehidupan yang sejati.

mari kita baca di dalam Yehezkiel 47:1-9 namun saya akan baca pada ayat 9 saja, 

Yehezkiel 47:9 sehingga ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk hidup yang berkeriapan di sana akan hidup. Ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu sampai, air laut di situ menjadi tawar dan ke mana saja sungai itu mengalir, semuanya di sana hidup. 

Dari ayat tersebut memberikan gambaran bahwa kemanapun air itu mengalir maka akan ada kehidupan, Kehidupan yang dimaksud disini lebih mengutamakan kepada kehidupan Rohani atau jiwa kita yang tentunya akan berdampak dalam kehidupan jasmani kita. Yang menjadi prioritas utama adalah manusia Rohani kita , kalau Rohani kita sehat dan hidup dalam jalan jalanNya Tuhan, maka itu akan membawa dampak daripada kehidupan Jasmani kita. 

Mat_6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Namun perlu saya sampaikan kekristenan bukanlah berfokus kepada Jasmani kita yg lebih utama , Yesus berkata bahwa hidup bukan soal makan dan minum namun terlebih kita memikirkan perkara perkara yang datang dari Bapa sorgawi. 

Yohanes 7:38  Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” 

Yesaya 58:11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 

Yohanes 4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

 

Amin, Tuhan Yesus memberkati

 

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *